Usaha Ternak Cacing, Jangan Jijik Untungnya Banyak Lho

Usaha Ternak Cacing, Jangan Jijik Untungnya Banyak Lho

Sebagian orang akan menganggap bahwa cacing merupakan binatang yang menjijikkan, tapi bagi orang yang mengerti potensi bisnis cacing ini akan mengatakan bahwa cacing itu adalah emas. ­

Tidak terlalu berlebihan ketika mengatakan cacing adalah emas karena memang keuntungan dari bisnis cacing ini sangat menggiurkan. Salah satu jenis cacing yang paling banyak dibudidayakan adalah cacing tanah atau dalam bahasa latinnya di sebut dengan lumbricus rebellus.

Cacing lumbricus rebellus ini memiliki banyak manfaat seperti sebagai bahan farmasi, kosmetik, pakan ternak, penyuburan tanah dan beberapa manfaat lainnya.

Permintaannya pasar yang tinggi membuat berbagai bisnis ternak masih memiliki prospek yang cerah, salah satunya adalah bisnis ternak cacing. Dari beberapa orang yang membudidayakan cacing ini mengatakan bahwa pihak mereka masih kewalahan memenuhi permintaan cacing lumbricus rubellus dari beberapa perusahaan farmasi dan kosmetik.

Bahkan ada yang bilang bahwa berapapun panen yang dihasilkan pasti akan terserap pasar karena memang permintaan cacing ini sangat tinggi.

Jika anda ingin memulai bisnis cacing ini, maka yang perlu anda sediakan adalah tempat dimana cacing akan dibudidayakan dan beberapa kilogram indukan cacing. Besar kecilnya tempat mengikuti berapa banyak cacing yang akan anda budidayakan.

Umumnya sebuah kolam cacing yang berukuran 1 x 4 meter bisa menampung 15 – 20 kg indukan dan dalam waktu 40 hari saja indukan cacing sudah bisa dipanen, biasanya akan berkembang menjadi 3 kali lipat atau menghasilkan sekitar 45 – 60 kg cacing.

Dengan harga jual Rp. 40.000 hingga Rp. 50.000 perkilogram maka anda berpeluang mendapat omset hingga tiga juta rupiah, itu baru dari satu kolam cacing saja, bagaimana jika anda memiliki 10 atau 100 kolam cacing? Pastinya laba yang akan diperoleh berlipat-lipat dari modalnya.

Menjalankan bisnis cacing ini sebenarnya sangat mudah dan murah dalam perawatannya. Namun anda harus tetap belajar dari ahlinya supaya hasil budidaya cacing bisa maksimal dan tidak mengalami kerugian.

Untuk pemula sebaiknya bermitra dengan pengusaha cacing yang sudah besar, biasanya mereka menjamin ketersediaan induk dan akan membeli setiap panen cacing yang anda hasilkan. Jadi anda tidak perlu repot dan bingung kemana menjual hasil panen anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *